Sabtu, 01 Maret 2014

#CookingExperiment #3: Deep Fried Oreo

Morning, people!

Pagi-pagi gini sih enaknya nyemil dan makan yang ringan tapi anget-anget gitu kali ya. Selain pisang goreng, ada lagi gorengan yang lagi hip banget sekarang, yaitu oreo goreng atau biar lebih gaya dikit disebut deep fried oreo. Deep fried oreo ini sebenernya udah lama terkenal sebagai cemilan di luar negeri sana, tapi di Indonesia kayanya baru booming deh. Soalnya baru nemu akhir-akhir ini di beberapa cafe dan resto di Bandung, and it’s actually made in a very simple way.Bahan-bahannya pun hampir mirip-mirip dengan pisang goreng, tapi ditambah beberapa item biar ada kadar gizinya. Langsung ke cara pembuatannya.

RESEP DEEP FRIED OREO



Bahan:
1 mangkuk tepung terigu (kira-kira 100-150gr)
175 ml plain milk (boleh lebih atau kurang, kekentalannya diatur tergantung selera)
1 sdm gula pasir
2 sdm mentega, lelehkan
1 butir telur
1 bungkus Oreo
¼ sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Cara Pembuatan:
1.      Dinginkan Oreo di freezer selama 3-4 jam.
2.      Campur tepung terigu, susu, gula pasir, mentega,telur, dan garam hingga kental, jika kurang kental tambahkan terigu dan gula.
3.      Masukkan oreo dalam adonan.
4.      Goreng oreo hingga kecoklatan.
5.      Angkat, tiriskan, dan siap dihidangkan.



Untuk 3 porsi

P.S.:
1. Tepung dan gula bisa ditambah atau dikurangi takarannya, sesuai dengan selera. Tapi semakin cair adonan, semakin tipis juga tepung yang nantinya akan membalut si oreo.
2. Tujuan oreo di dinginkan terlebih dahulu adalah supaya krim putih yang ada dalam oreo dapat menimbulkan kesan dingin saat dimulut, namun setelah oreo jadi saya tidak merasakan kesan tersebut. Mungkin karena menggorengnya terlalu lama, hehe.
3. Beberapa resep lain menggunakan gula bubuk sebagai taburan, namun saya tidak menggunakannya karena oreo yang saya buat sudah manis dan tidak lagi perlu memakai gula bubuk.

Enjoy the cooking! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar