Minggu, 16 Februari 2014

Choose, Alone or Lonely?

If you have to choose between those two conditions, alone or lonely, what will you choose?

Sendiri?
Kesepian?
Tentu bukan satu kata dengan arti yang sama.
Orang yang sendiri belum tentu kesepian. Begitu pula orang yang kesepian belum tentu sendiri. Yes, we live in the complicated world, indeed.

sen·di·ri adv 1 a seorang diri; tidak dng orang lain: ia tinggal -- di rumah itu; ia pergi ke Bandung -- saja;2 a tidak dibantu (dipengaruhi) orang lain: rencana itu adalah hasil pikirannya --; 3 a tidak dibantu alat lain; otomatis: radio yg dapat berhenti --; berdiri -- , tidak diperintah orang lain; 4 nkepunyaan dr yg disebut (yg bersangkutan), bukan kepunyaan orang lain: ia tinggal di rumahnya --; 5 n diri dr yg bersangkutan (bukan wakil atau pengganti); orang yg sesungguhnya (berkepentingan): pelamar harus datang --; dr dia -- saya tidak pernah menerima surat; 6 aterpisah dr yg lain; terasing; sendiri-sendiri: setiap orang diperiksa --; 7 a yg paling: ia selalu mau menang -- , tidak mau menghiraukan pendapat orang lain;

ke·se·pi·an n 1 keadaan sepi; kesunyian; kelengangan: radio itu dipasangnya keras-keras untuk mengusir -; 2 perasaan sunyi (tidak berteman dsb);


See the difference, right?
Beberapa orang mungkin akan memilih sendiri, sedangkan beberapa yang lain mungkin akan memilih kesepian. 
Namun, alasan yang diberikan untuk memilih dua keadaan tersebut bisa saja serupa, mengingat kedua arti kata tersebut juga bisa dibilang 'serupa tapi tak sama'.
Bisa saja orang yang bersangkutan memilih ingin sendiri karena ia memang sedang menginginkan kesepian atau ketenangan, di waktu tertentu.

But, if I have to choose, I prefer be an alone person rather than the lonely one.


P.S.: How could the lonely persons survived? How could they possibly live in that kind of condition? Just wondering.


Source: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar