Rabu, 29 Januari 2014

#CookingExperiment #1: Oreo Cheese Cake

Evening, guys! (Is it evening already?) Hehe

Ingin berbagi cerita sedikit nih tentang masak-masak hari ini, sekalian memperkenalkan juga bahwa ini sesi pertama dalam percobaan masak-memasak yang aku tuangkan dalam blog dan dinamai #CookingExperiment (biar nge-hip seperti di Twitter gitu deh pakai tagar segala :p). Cerita mending enaknya dari awal proses belanja bahan-bahan dulu kali ya, hingga akhirnya ke tahap icip-menyicip , so here we go.
Cheese cake, jaman sekarang siapa sih yang ngga tau cheese cake? Cake yang hampir seluruh komposisinya berupa cheese cream itu memang sedang jadi primadona di kalangan pecinta kuliner. Hampir semua bakery menyediakan cheese cake, bahkan di Bandung sendiri sudah banyak bermunculan kafe-kafe yang mengusung dessert ini sebagai menu utama andalan.
Rasa dan macam dari cheese cake itu juga bervariasi; coklat, strawberry, blueberry, green tea, tiramisu (btw, tiramisu juga masuk golongan cheese cake ngga sih?), oreo, opera, manggo, dll. Yang jadi kesukaanku sih green tea, tiramisu, dan oreo. Hampir semua bakery yang pernah aku kunjungi ngga mengecewakan dalam hal dessert ini. Manisnya pas, komposisinya pas, rasanya pas, lembutnya pas, yang ngga pas ya harganya aja, kocek mahasiswi sih hehe.
Nah, terlintas lah di benak untuk bikin cheese cake sendiri, siapa tau bisa jadi lebih murah dan jadi pedoman juga untuk yang lain. Dimulai dari cari-cari resep dulu di Google, nemu deh beberapa resep yang lumayan (antara gampang dan susah), soalnya aku pertama banget ini bikin beginian, modal iseng lah namanya juga eksperimen hehe.
Resep yang aku ambil akhirnya yang paling simple, oreo cheese cake yang tanpa layer sama sekali (bukan cheese cake dong ya jadi oreo cheese haha). Itung-itung belajar lah, nanti kalo ada kesempatan ya nyoba lagi. Bahan-bahannya sendiri terdiri dari oreo, cream cheese, margarin plain, gula tepung, white chocolate, essence vanila, gelatin bubuk, butter cream.
Untuk oreo, margarin plain, gula tepung, white chocolate dan essence vanila banyak tersedia di pasar-pasar tradisional, nah bagian cream cheese dan gelatin yang susah, mesti di TBK atau toko khusus bahan kue. Saya sendiri dapet bahan tersebut di PD. Kijang Mas (Jl. Hariang Banga 6z, Bandung) atas rekomendasi seorang teman. Disana cukup lengkap dan harganya standar lah, berikut aku kasih bocoran harga belanjaan kemarin (Januari, 2014):

-          Cream Cheese “Yummy” Light 250gr: Rp. 27.500
-          “Collata” White Chocolate 250gr: Rp. 17.000
-          Oreo Biscuit Roll (paket 2 bungkus dalam satu kemasan): Rp. 12.000
-          Gelatin Bubuk ±100gr: Rp. 18.000
-          Margarin plain 500gr: Rp. 6000

-          Untuk gula tepung dan essence vanili aku ngga tau karena kemarin dapet nitip ke ibunda tercinta hehe
-          Total: ±Rp. 100.000

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dari bahan-bahan tersebut. Bagi kaum muslim berhati-hatilah untuk membeli cream cheese dan gelatin, karena kebanyakan cream cheese berasal dari merk luar seperti Perancis, namun ada juga yang lokal. Tanyakan juga pada penjaga toko apakah gelatin yang akan dibeli halal atau tidak. Pokoknya perhatikan dan pastikan kehalalan dari produk-produk tersebut.

Selanjutnya, langsung aja deh ya menuju proses pembuatan.

Resep Oreo Cheese (Cake) :p

Bahan Butter Cream:
-          150gr margarin plain
-          50gr gula tepung, ayak

Bahan Cheese Cake:
-          300 gr oreo (sekitar 2 bungkus), 200gr haluskan, 100gr cukup dipotong-potong
-          250gr cream cheese
-          200gr butter cream
-          75gr margarin plain, lelehkan
-          100gr white chocolate, lelehkan
-          50gr gula tepung, ayak
-          2 sendok makan gelatin, larutkan dengan 2 sendok makan air panas
-          5 tetes essence vanila
Cara membuat butter cream:
1.      Kocok mentega hingga sedikit mengembang dan warnanya agak putih
2.      Masukan gula tepung sedikit demi sedikit
3.      Diamkan dalam suhu ruangan

Cara membuat cheese cake:
1.      Campur 150gr oreo dengan mentega leleh, aduk hingga menggumpal
2.      Sediakan gelas kecil (diameter 5-6cm dengan tinggi 6-7cm), masukan campuran oreo dan mentega tadi ke dasar gelas, ratakan dan dinginkan dalam kulkas
3.      Cheese cake: Kocok cream cheese hingga lembut, masukkan gula tepung dan essence vanila, kocok rata
4.      Tambahkan white chocolate dan gelatin cair, kocok kembali
5.      Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan butter cream sambil terus diaduk perlahan
6.      Tuang di atas alas oreo tadi, beri kepingan oreo, tuang sisa cheese cake. Beri taburan oreo di atasnya dan bekukan.

Untuk 6 porsi.

Simple kan resepnya? Based on “experience is the best teacher”, ada beberapa tips nih:
1.      Sebaiknya ukuran gelas jangan terlalu besar, karena seluruh kandungan cream itu akan terasa ‘enek’ kalo kebanyakan.
2.      Jika ‘keukeuh’ ingin banyak, sebaiknya tambahkan layer, supaya lebih kaya juga sensasi di lidahnya dan menghindari rasa ‘enek’ tadi.
3.      Butter cream yang udah di buat jangan terlalu lama di simpan, paling lama penyimpanan sekitar 2 atau 3 hari saja di dalam kulkas.
4.      Hati-hati dengan gelatin karena jika airnya kurang panas, ia akan menggumpal dan ngga akan bersatu dengan campuran yang lain.

Bagi yang penasaran, ini penampakan yang sudah jadi dan siap makan:


(Please banget jangan liat bentuknya, tapi rasanya :p)

Gimana, guys? Cukup mudah dan sederhana kan? Good luck, then! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar