Jumat, 26 September 2014

#MovieCorner #20: The Maze Runner

Warning! Spoiler alert!

Are you ready to run?

Ajakan lari di atas bukan mau ngajak marathon, lho. Apalagi ngajak color running yang sekarang lagi ‘in’ banget, melainkan ngajak lu buat ke bioksop untuk ‘berlari’ bareng Dylan O’Brien di film terbarunya, The Maze Runner.


Film yang diangkat dari sebuah novel distopia berjudul sama karya James Dashner yang diterbitkan tahun 2009 itu dimulai dengan seorang remaja lelaki berusia 16 tahun yang terbangun di dalam sebuah elevator tanpa ingat apapun kecuali namanya sendiri, Thomas (Dylan O’Brien). Ia dikirim ke sebuah wilayah bernama ‘The Glade’ yang berisi sekumpulan anak lelaki sebayanya yang telah tiga tahun menjalani kehidupan disana. Mereka juga memiliki tugas masing-masing dan peraturan yang harus mereka patuhi, layaknya kehidupan di masyarakat biasa. Glade dikelilingi oleh labirin yang disebut ‘The Maze’, dan sudah tiga tahun pula mereka mencoba mencari jalan keluar dari sana namun selalu gagal. Thomas memulai berinteraksi dengan masyarakat Glade, dimulai dari ketua di Glade, Alby (Aml Ameen), kemudian tangan kanan Alby, Newt (Thomas Brodie-Sangster), lalu Chuck (Blake Cooper), Gally (Will Poulter), Minho (Ki Hong Lee), dan yang lain sebagainya. Kemudian tak beberapa lama setelah kedatangannya, hal-hal ganjil mulai berdatangan, seperti datangnya seorang gadis bernama Teresa (Kaya Scodelario) dalam komunitas mereka, dengan sebuah catatan aneh di tangannya, dan dunia mereka disana mulai berubah. Mereka harus dihadapkan dengan keputusan-keputusan sulit yang banyak mengorbankan segalanya disana.


Film arahan sutradara Wes Ball ini merupakan film pembuka musim gugur yang patut medapat acungan jempol. Pasalnya, novel dari film berjenre borongan aksi, fiksi ilmiah, dan misteri ini menuai respon positif dari kritikus. Tak heran para pembacanya sangat menanti film ini untuk memuaskan ekspektasi mereka terhadap bentuk visual dari novel karya Dashner tersebut. Ball, dinilai cukup sukses untuk menggubah karya Dashner tersebut ke layar lebar. Hal tersebut dilihat dari animo penonton yang terus membludak untuk melihat aksi Dylan dan teman-temannya di Glade. Tak hanya itu, film tersebut juga dinilai cukup memukau dan sangat menghibur.


Di mulai cerita yang berusaha dihidupkan Ball ke dalam audio visual, I think it is such a pretty good way of Ball. Sang sutradara berusaha konsisten untuk menjaga ‘rasa’ dari dark tone-nya, dari awal hingga akhir film. Film bertensi cepat dengan story twist yang tak habis-habis, namun tak membuat penontonnya bosan. Ball juga tak menghabiskan awal filmnya dengan very usual introduction seperti film-film lain, melainkan langsung menyajikan ‘main course’. Those kind of story made me stuck in the chair for a whole film, karena sayang banget untuk dilewatkan.

Kemudian, visual effect and the cinematography, say thanks to Enrique Chediak selaku DOP, and Dan Shimmerman (film editing). They did a great job, terutama dalam tensi aksi yang cepat namun gelap yang ‘balance’. Untuk visual effect sendiri gue hampir nggak menemukan kecacatan, sampai di akhir film, ketika diperlihatkan situasi kota yang berantakan setelah remaja-remaja Glade yang tersisa diselamatkan oleh helikopter menuju kota. I think it’s such an unfortunate mess. Kota yang diperlihatkan masih terlihat bohongan. But it is not a big deal anyway, yang jelas untuk urusan aksi sebelumnya, four thumbs up!


Untuk hal karakterisasi, kenapa nggak Thomas Brodie-Sangster aja sih yang jadi karakter fiksi Thomas, hehe *TeamNewt* *nggak terima kalo Newt mesti mati di film ketiganya ntar* *sorry spoiler abis*. But they did such good act. And I found a goof there, saat adegan Chuck mati menjelang akhir film, dia terlihat masih terlihat ‘kuat’ mencengkram tangan Thomas, padahal dia kan udah mati, harusnya tangannya terkulai lemas dong. It’s pretty obvious.


But overall, the film was bloody amusing! Tercatat The Maze Runner sudah mengantongi $102,218,901 di perilisan awalnya, dengan modal yang mereka keluarkan sebesar $34 juta. Selain itu juga para user di IMDb.com memberikan film ini 7.6, sementara dari Rotten Tomatoes sendiri sebesar 63% dari 100 review para kritikus. Ball juga telah mengumumkan bahwa sekuelnya yang kedua, The Schorch Trials, akan rilis 18 September 2015 mendatang. I just can’t wait!!!



Rate: 9/10

The Maze Runner
Action – Adventure – Sci-Fi - Thriller
113 minutes

Director              : Wes Ball
Production Co  : 20th Century Fox
Released              : 19th September 2014 (Indonesia)


Information and picture sources:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar